Gambaran global akhlaq rosululloh - cinta islam is nomber one
Berita Terbaru :
Home » » Gambaran global akhlaq rosululloh

Gambaran global akhlaq rosululloh

Written By Yahya on Tuesday 14 October 2014 | 09:05

Pada bagian akhir pembahasan akhak ini akan di paparkan tentang gambaran akhlak Rosululloh Sholalallahu Alaihi Wasallam. Sayyidah Aisyah pernah ditanya tentang akhlak Rosulullah SAW,maka ia menjawab:"akhlak Beliau adalah Al-Qur'an." Allah telah memuji beliau dengan firmanNya. "Dan sesungguhnya kamu benar benar memiliki budi pekerti yang luhur." ( QS. Al-qalam : 4 )
Diantara kebaikan kebaikan akhlak beliau adalah
Rasulullah SAW adalah orang yang paling lembut, pemurah dan dermawan.
Beliau biasa memperbaiki terompahnya sendiri, menjahit pakaiannya sendiri dan memenuhi kebutuhan keluarganya sendiri
Beliau lebih malu daripada anak gadis di tempat pingitannya.
Beliau biasa memenuhi undangan hamba sahaya, menjenguk orang yang sakit, memboncengkan orang dibelakangnya, mau menerima hadiah dan engggan menerima sedekah dan beliau tidak pernah kenyang tiga hari berturut turut.
Terkadang beliau mengganjal perutnya dengan batu karena lapar.
Memakan makanan yang dihidangkan dan tidak mencela suatu makanan.
Tidak makan sambil tidur telentang dan beliau memakan makanan yang ada di dekatnya.
Makanan yang beliau sukai adalah daging, tepatnya bagian paha domba. Beliau juga suka sayur sayuran yang biasa dimakan belalang dan korma yang masih terbungkus.
Mengenakan pakaian yang ada, terkadang mantel bergaris garis dan terkadang terbuat dari wol.
Terkadang menunggang keledai, terkadang bighal, terkadang unta dan terkadang berjalan kaki.
Menyukai bau harum dan membenci bau tak sedap.
Memuliakan orang yang memiliki keutamaan dan menempatkan orang yang mulia.
Tidak kasar terhadap seorangpun dan suka memberi maaf dari orang yang meminta maaf.
Suka bercanda tapi tidak mengatakan kecuali yang benar,tidak tersenyum tanpa mengeluarkan suara yang  terbahak. Tidak ada waktu yang terlewatkan olehnya kecuali diisi dengan amal karena Allah atau hal hal untuk keperluannya sendiri.
Tidak pernah memukul salah seorang dengan tangannya, kecuali dalam jihad fi sabillillah.
Tidak pernah mendendam karena pertimbangan beliau sendiri, kecuali jika ada pelanggaran terhadap apa yang diharamkan Allah.
Jika diberi pilihan tentang dua hal,maka beliau pasti memilih yang lebih mudah dan ringan, kecuali dalam perkara dosa atau memutuskan silaturahim maka beliau adalah yang paling jauh terhadapnya.
Anas Radhiallau Anhu bercerita: "selama sepuluh tahun aku menjadi pembantu beliau, sekalipun beliau tidak berkata kepadaku 'celaka kamu'. Dan tidak menanyakan sesuatu dengan pertanyaan 'mengapa engkau lakukan ini?. Tidak pula beliau menanyakan sesuatu yang tidak kukerjakan dengan ucapan 'mengapa tidak engkau kerjakan hal itu?
Diantara sifat beliau yang disebutkan dalam taurat adalah: Muhammad adalah utusan Allah, hamba-Ku pilihan, bukan orang yang keras,bukan orang yang berperangai kasar, tidak suka bersuara gaduh di pasar, tidak membalas keburukan dengan keburukan, tapi dia lapang dada suka memaafkan.
Diantara akhlak beliau adalah terlebih dahulu mengucapkan salam kepada orang yang bertemu dan saat berpisah dengannya. Jika seseorang yang berhadapan dengan belaiau ada keperluan, maka beliau bersabar menunggunya hingga orang itu yang beranjak dari hadapan beliau. Selagi bersalaman dengan seseorang, maka beliau tidak melepaskannya sehingga ia melepaskan tangan beliau.
Duduk dibarisan paling akhir majlis, berakhir dengan para shahabatnya, seakan akan beliau adalah salah seorang biasa diantara mereka. Sehingga jika datang orang asing tentunya tidak akan tahu dimana beliau, sehingga harus bertanya terlebih dahulu.
Lebih banyak diam,dan jika berbicara, maka perkataan beliau tidak disampaikan dengan bersantai dan tidak berhenti, akan tetapi dia bicara dengan perlahan, pelan dan jika perlu akan mengulangi sehingga mudah dipahami.
Tidak menghadapi seseorang dengan sesuatu yang membuatnya kurang suka.
Beliau adalah orang yang paling jujur perkataanya, paling memenuhi jaminannya, paling lembut tabiatnya dan paling mulia pergaulannya. Siapa yang melihat beliau tentu akan merasa segan dan barang siapa yang bergaul dengannya pasti akan jatuh cinta. Jika para shahabat mengingat kembali urusan dunia atau ingat dengan masa masa jahiliyah,maka mereka akan tertawa,sementara Rosululloh SAW hanya tersenyum saja.
Beliau adalah seseorang yang paling pemberani.
Perawakan beliau tidak tinggi dan juga tidak pendek, sedang sedang saja.
Warna kulit beliau jernih dan tidak coklat.
Rambut beliau berombak, tidak lurus kaku dan juga tidak berkeriting, rambut beliau menjurus hingga daun telinga.
Kening beliau lebar, alis beliau tipis memanjang, mata beliau lebar, bulu mata beliau panjang, hidung beliau mancung, jenggot beliau tebal, pundak beliau kekar, dada beliau bidang, permukaan perut dan dada sama, lengan beliau panjang, telapak tangan beliau lebih lembut daripada sutra.
Siapapun yang melihat keaadaan beliau dan mendengar pengabaran-pengabaran beliau, yang meliputi akhlak, perbuatan, adab dan tindakan-tindakan beliau untuk kemaslahatan manusia, niscaya akan mengetahui bahwa itu semua merupakan berita dari langit.
Adapun mu'jizat beliau yang paling agung dan paling nyata adalah Al-Qur'an Al karim, yang tidak mungkin seorangpun mampu mendatangkannya seperti itu.
Mu'jizat-mu'jizat beliau yang lain adalah terbelahnya bulan, air yang memancar dari sela sela jari, memberi makan orang banyak dengan makanan yang sedikit, menaburkan debu yang hanya segenggam namun mengenai musuh yang banyak, ratapan pohon kurma kepada beliau, pengabaran beliau tentang hal hal yang ghaib dan menjadi kenyataan, menyembuhkan mata shahabat yang buta ( Qatadah) dengan mengusap jari beliau sehingga kembali lebih cemerlang, meniup mata Ali RA, yang sedang sakit hingga langsung sembuh saat itu juga, dan masih banyak mu'jizat-mukjizat beliau yang lainnya yang disaksikan oleh shahabat Nabi SAW
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2014. cinta islam is nomber one - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger